Selasa, 06 September 2011

Jhon Houlding

Okok guys,, skrg saya kan m'bahas JHON HOULDING.,, pasti kalian ga asing kan sama opah kita ni,, yupp Dia ntu adalah pendiri LIVERPOOL.,. yukk qt simaak cerita tentang dia >>>
John Houlding (Founding Father of Liverpool FC)
John Houlding (1833-1902) adalah seorang pengusaha Inggris, asal Merseyside, dan pendiri Liverpool Football Club
.
Houlding adalah wirasuastawan asal kotaLiverpool. Ia mengenyam pendidikan diLiverpool College. Houlding memiliki sebuah tempat pembuatan bir yang membuatnya dalam keadaan keuangan yang nyaman selama sisa hidupnya. Justru bukan bir yang membesarkan namanya. Sepak bola lah yang membuat nama nya dikenal seabtero Inggris, terutama dikota Liverpool. Dialah yang berpengaruh terhadapa perkembangan dua club ternama di kota itu, everton dan LIVERPOOL.
Selain bisnis dan sepak bola, dia juga sukses di dunia politik, faktanya pada tahun 1897 dia terpiloh menjadi Walikota Liverpool. Sebelumnya dia juga sudah menjadi anggota dewan kota sebagai wakil dari Partai Konservatif.
Houlding adalah pengurus dari tim sepak bola profesional pertama kota Liverpool, Everton FCPada tahun 1882. dalam sebuah putusan, Everton dipaksa untuk bermain di sebuahlapangan tertutup, setelah sebelumnya bermain mereka di Taman Stanleypublik. Sebuah pertemuan yang diadakan di Hotel Sandon di Anfield, Liverpool, yang dimiliki oleh Houlding, membawa Everton FC menyewa lapangan dariPriory Road. Suatu ketika pemilik Lahan akhirnya meminta (Everton FC) mereka untukpergi, dan Houlding menjamin lapangan baru di Anfield Road, walaupun harus membayar sewa kecil untuk John Orrell, sebuah rekanan bir.
Everton akhirnya melakoni pertandingan perdananya pada tanggal 28 September, 1884 dan berhasil mengalahkan Earlstown, dengan skor telak 5-0.
Setelah anfield berdiri, dan angka kehadiran /penjualan tiket penontonmencapai 8.000 per game. Everton bisa dikatakan sukses bahkan Everton menjadi anggota pendiriFootball League pada tahun 1888. Seiring berjalannya waktu, Houldingmulai meningkatkan tingkat bunga pinjaman ke klub.
Pada tahun 1891, John Orrell mengancam akan menarik sewa dari AnfieldRoad. Houlding menanggapi dengan mengatakan bahwa ia membentuksuatu perusahaan terbatas dan membeli tanah. Orrell bersedia untukmenjual, tetapi tanah milik Houlding berdekatan dengan Anfield Road, danmengharapkan perseroan baru terbatas untuk membeli tanah ini juga.
Banyak anggota club menuduh Houlding mencoba untuk mencarikeuntungan atas biaya klub. 279 anggota klub melakukan pertemuan pada1892 untuk membahas masalah tersebut. Setelah pertemuan lagi pada tanggal 15 Maret 1892, Houlding adalah kalah suara dan lawannyamemutuskan untuk meninggalkan Anfield dan membeli tanah baru. Mereka membeli Goodison Park, di sebelah utara Stanley Park, seharga £8,000, dan selanjutnya menjadi markas dari The Toffees.
hanya menyisakan Houlding dan Orrell serta sebuah lapangan sepak bolayang ga ada penghuninya. Houlding merasa, jalan atau tindakan yang tepat pada saat itu adalah mendirikan kembali sebuah klub sepak bola lagi.
Saat itu juga Holding langsung mengumumkan untuk menciptakan klub sepak bola baru dan memberi nama LIVERPOOL FC.
Nahhh begitulahh sedikit kilasan ttg opah Houlding,,
Semoga bermanfaat ya guys,, and di tunggu kritik dan sarannya ^.^
YOU'LL NEVER WALK ALONE

0 komentar:

Posting Komentar